IMLEK di Semawis


 
Disini saya bertemu dengan seorang bapak asli keturunan Tionghoa. Beliau menceritakan bahwa di Semarang ini tradisi perayaan imleknya cukup unik dan terbilang tidak ada di daerah lain. Ya, Gamelan. Entah bagaimana sejarahnya saya belum menemukan mengapa ada perayaan Imlek namun juga menggelar gamelan beserta ketopraknya.


Setelah mengikuti beberapa sesi, ternyata pemain-pemain ketoprak ini berasal dari mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Unnes



Lanjutlah sesi hunting saya sampai ahirnya menemukan klenteng yang cukup unik. Sepertinya milik yayasan tridharma kalau tidak salah. di sebelah klenteng itu terdapat tempat ibadah untuk umat Budha.

FYI aja , Semawis adalah ungkapan bahas jawa kuno untuk nama Semarang. pasar Semawis atau dikenal juga sebagai warung semawis adalah pasar malam di daerah pecinan kota Semarang. Pasar ini awalnya merupakan gagasan dari perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang Untuk Pariwisata). Pasar Semawis bermula dengan diadakannya pasar Imlek Semawis tahun 2004.

Pasar Semawis terletak di Gang Warung. Untuk menuju kesana ada beberapa jalan yang bisa dipilih :
Dari jalan Gajah Mada dapat masuk lewat jalan Wot Gandul barat-Plampitan-Kranggan-Parkir di jalan Benteng.

Dari jalan Gajah Mada, juga dapat masuk langsung ke jalan Kranggan lewat perempatan Depok. 
Jalur lain adalah melalui Pasar Johar. Masuk lewat Pekojan-Parkir di jalan Gang Pinggir.

Setiap ahir minggu malam saat warung Semawis digelar, beberapa jalan di pecinan ditutup salah satu ujungnya, yaitu jalan Gang Besen, Gang Tengah, Gambiran, Gang Belakang dan Gang Baru. jalan-jalan tersebut digunakan untuk parkir kendaraan pengunjung Pasar Semawis.

Comments

  1. baguss maa...
    makasih ya udahnyempetin waktunya untuk aku ajak ke sana... ^-^

    ReplyDelete
  2. bagussss,,,,,


    LANJUTKAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KONTAK BASECAMP GUNUNG SE-INDONESIA

Pendakian Gunung Prau Via Pranten Kab.Batang Jawa Tengah

Tips Mahasiswa Mengumpulkan Tugas Ke Email Dosen