Merti Desa Gunung Condong Kec.Bruno Kab purworejo

Merti Desa merupakan acara syukuran penduduk desa yang dilakukan dengan harapan panen padi mendatang lebih baik. Selain itu juga acara ini untuk mendoakan para pepunden. Acara ini biasanya dilaksanakan tiga tahun sekali. Beruntung saya yang tadinya ingin berangkat ke Semarang, tiba-tiba diajak untuk ke Kec.Bruno Kab.Purworejo. 
Ada yang sangat menarik disana. Ada sebuah ribuan ayam bakar yang ditata sedemikian rupa. Kalau saya tidak salah informasi, ada sekitar 2000 ekor ayam yang ada di tahn 2012. Ingkung/ayam bakar ini biasanya ditata menjadi sebuah ambeng. Nah uniknya ambeng ini di nilai oleh tim panitia. Ambeng yang paling bagus dan paling banyak berisi ingkung dialah pemenangnya. Pada kesempatan ini, ambeng yang paling banyak berisi 500 ekor ayam. Saat itu rasanya saya terjun ke lautan ingkung. hehe :D



Foto diatas saya ambil di depan salah satu rumah warga. Saya menunggu cukup lama untuk menanti ada orang lewat sebagai pembanding objek. Ibu yang dipojokan itu saya panggil supaya mau mendekat lagi. Akan tetapi beliau malu dan hanya mau disana saja. Tinggi tatanan ayam tingkat pertama kurang lebih sejajar dengan paha ibu itu.
Foto sebelah kanan adalah tatanan ambeg





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

KONTAK BASECAMP GUNUNG SE-INDONESIA

Pendakian Gunung Prau Via Pranten Kab.Batang Jawa Tengah

Tips Mahasiswa Mengumpulkan Tugas Ke Email Dosen